Friday, September 13, 2013

Krisis, Sumatera Perlu Pembangkit Listrik Lagi

Krisis, Sumatera Perlu Pembangkit Listrik Lagi
Headline
Oleh: Ranto Rajagukguk
ekonomi - Selasa, 10 September 2013 | 17:43 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik berharap dapat membangun pembangkit listrik baru sehingga mengakomodasi kebutuhan masyarakat di Sumatera.

Menurut Wacik dengan adanya krisis listrik yang melanda beberapa daerah di Sumatera, ada dua kemungkinan yang terjadi dalam situasi tersebut. Pertama adalah gangguan teknis seperti tersambar petir itu bisa langsung diperbaiki. Ada pun hal teknis lainnya adalah pemadaman. "Biasanya lima menit kemudian Dirut PT PLN kirim pesang singkat (SMS) ke saya," kata Wacik di Jakarta, Selasa (10/9/2013).

Ada pun masalah kedua adalah mengenai kebutuhan atau konsumsi listrik yang terus mengalami peningkatan. Menurut Wacik seiring pertumbuhan ekonomi nasional industri semakin maju, dan konsumsi melebihi pasokan. "Industri maju, masyarakat nambah Air Conditioner (AC), nambah lemari pendingin (kulkas), dan adanya pelanggan rumah tangga baru," tutur Wacik.

Wacik menambahkan banyak cara agar pembangkit listrik untuk dapat dihasilkan pasokan listrik. Apalagi Indonesia memiliki cadangan sumber energi yang besar dari energi baru terbarukan, salah satunya panas bumi (geothermal).

"Nah dengan adanya potensi ini kami harapkan jangan dipersulit. Ini juga untuk meningkatkan rasio elektifikasi nasional," kata Wacik. [hid]

No comments:

Post a Comment